KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Apa Itu Brain Food?

INFOKOM | Sabtu, 28 Februari 2015 - 22:13:22 WIB | dibaca: 790 pembaca

brain food

Sebagian besar orang memberikan stigma bahwa kecerdasan otak merupakan bawaan sejak lahir. Padahal, bukan sebuah kemustahilan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain dengan melakukan latihan-latihan tertentu yang dapat merangsang perkembangan otak (Baca juga Tips Unik Mengasah Otak), asupan nutrisi tertentu juga dapat meningkatkan kecerdesan otak. 


Berikut ini ada beberapa makanan yang dijuluki sebagai "Brain Food" yaitu makanan-makanan yang dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel-sel otak.

 

Ikan

Ikan kaya dengan Omega-3 yang sangat baik bagi tubuh terutama otak. Mengonsumsi ikan sekali dalam seminggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit alzeimer. Omega-3 dapat membantu otak untuk menyimpan serta mengingat informasi dari otak dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, asam lemak ikan yang tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga membantu meningkatkan memori dan mengatasi depresi juga dapat meningkatkan fungsi sel otak.

 

Cokelat

Cokelat mengandung antioksidan yang paling baik dibanding dengan antioksidan yang terkandung di dalam makanan atau buah yang lain. Antioksidan ini disebut flavonol yang dapat membantu meningkatkan aliran darah menuju ke otak dan melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel. Oleh karena itu, cokelat baik bagi otak.

 

Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran hijau terbaik. Kadar folat yang tinggi dalam bayam dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif akibat penuaan. Bayam juga mengandung vitamin E, yang dapat meningkatkan jaringan otak.

 

Blueberry

Blueberry dan buah berry lainnya seperti strowberi dan blackberry adalah buah-buahan kecil yang terbukti menjadi salah satu yang terbaik makanan super untuk anti penuaan. Buah ini kaya akan antioksidan yang bisa mengurangi tingkat stres seseorang dan mampu mencegah penyakit Alzheimer. Biji dari buah berry diketahui juga mengandung asam lemak omega-3. Adapun blueberry sendiri dapat membantu meningkatkan daya otak dan konsentrasi untuk waktu yang lama.

 

Wortel

Wortel tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga untuk otak kita. Wortel membantu memulihkan memori dan mengurangi peradangan. Luteolin, senyawa yang terkandung dalam wortel, dapat mengurangi penurunan memori akibat penuaan, sehingga memang sangat baik untuk kesehatan otak.

 

Kacang-kacangan

Selain ikan, kacang-kacangan adalah sumber terbaik kedua dari asam lemak omega-3 dan vitamin E. Vitamin E pada kacang ataupun selai kacang, tidak hanya mampu menjaga tubuh dari serangan jantung tetapi juga memperbaiki sistem kerja otak dan meningkatkan daya ingat otak.

 

Now and Forever For Humanity!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)