KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Buah Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Minum Obat

INFOKOM | Kamis, 22 September 2016 - 07:25:28 WIB | dibaca: 1199 pembaca

Sudah seharusnya ketika kita sakit harus minum obat sesuai resep Dokter. Tapi, apakah kalian tahu ada beberapa makanan dan minuman yang apabila di konsumsi sesaat sebelum atau sesudah minum obat akan mempengaruhi efek dari penyerapan obat tersebut, dan bahkan ada yang bisa membahayakan tubuh. Bagaimana dengan buah-buahan? Yang notabennya sangat baik untuk kesehatan. Apakah benar ada buah-buahan yang pantang dikonsumsi saat minum obat? Berikut informasinya..

1. Hindari Buah Jeruk

Jeruk adalah buah yang menyehatkan karena kaya akan vitamin C, serat dan Kalium serta zat penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun apabila Anda sedang sakit dan harus minum obat sebaiknya hindari dulu buah jeruk, terutama jeruk jenis Grapefuit yang bentuknya hampir sama dengan “Jeruk Bali”.

Beberapa penelitian menunjukan buah jeruk ini dapat memberi efek buruk apabila dikonsumsi bersama dengan obat diantaranya obat batuk, Obat pereda demam, Fexofenadine (obat alergi), Statin (obat penurun kolesterol dalam darah), Estrogen (hormon yang ada di dalam pil KB) dan Calcium Channel Blockers (obat tekanan darah tinggi). Karena akan meningkatkan efek samping obat, menyebabkan halusinasi, kerusakan otot, serta rasa kantuk yang berlebihan. Bukan hanya itu saja, sejumlah senyawa organik yang terkandung dalam jeruk terutama pada Grapefuit, diidentifikasi sebagai turunan Furanokumarin yang dapat mengganggu fungsi hati dan menyerap enzim Sitokrom P450 Isoform CYP3A4 di dinding usus kecil sehingga dapat mengganggu sistem pencernaan (bisa menyebabkan iritasi). Alasan menghindari buah Apel saat minum obat

2. Hindari Buah Apel

Ternyata bukan hanya jeruk yang harus dihindari saat minum obat. Buah Apel juga disarankan sebaiknya dihindari saat minum obat terutama untuk obat yang mengandung Fexofenadine (obat alergi), pereda demam, Antibiotik, obat asma, serta obat Tiroid setidaknya dalam jedah waktu 4 jam sebelum atau setelah minum obat. Karena zat pada buah apel akan menghalangi peptida membawa obat dari usus ke aliran darah, sehingga efek obat akan menurun hingga 70%.

3.  Hindari Buah Anggur

Efek yang diberikan Anggur saat kita minum obat sama halnya dengan buah Jeruk dan buah Apel yang telah Luvizhea.com sebutkan diatas. Buah Anggur mengandung senyawa yang bisa memblokir hancurnya obat dalam usus. Sehingga akan berpengaruh pada penyerapan obat terutama pada Statin (obat penurun kolesterol), Antidepresan, obat Migrain, pengencer darah, obat tekanan darah, dan obat Diabetes.

4. Hindari Buah Nanas

Efek mengkonsumsi buah Nanas saat minum obat tidak jauh beda dengan mengkonsumsi buah Jeruk dan Apel. Selain menghalangi efek penyembuhan obat, buah Nanas juga menghapus semua nilai kebaikannya terhadap pasien. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari University of Western Ontario mengatakan selain jus Jeruk dan Apel, jus Nanas juga ampuh mengurangi daya serap obat Antikanker Etoposide. Selain itu juga menghambat penyerapan obat darah tinggi Cyclosporine dan beberapa jenis Antibiotik hingga 50%. Menurut Dr. David Bailey, menelan obat dengan bantuan jus Nanas malah berbahaya, karena akan meningkatkan konsentrasi darah.

5. Hindari Buah Delima

Menurut beberapa pakar jus Delima tidak boleh digunakan untuk meminum obat. Zat enzim yang ditemukan dalam jus delima dapat memecah efek dari obat penekan darah. Jus Delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah.

6. Hindari Buah Pisang

Pisang mengandung kalium tinggi yang mampu menurunkan risiko kanker, stroke, dan penyakit jantung. Namun, bagi Anda yang mengkonsumsi ACE inhibitor (obat untuk Hipertensi dan gagal jantung) justru akan memperburuk kondisi jantungnya.

7. Hindari Durian

Buah Durian sebaiknya juga dihindari saat Anda sedang minum obat. Hal ini karena saat Anda mengkonsumsi buah Durian akan menimbulkan rasa panas diperut karena kadungan alkohol yang tinggi pada buah Durian tersebut. Selain itu didalam buah Durian juga terdapat beberapa zat Ethanol, Methanol dan juga Ethyl Metacrylate serta senyawa Sulfur yang tentu akan bereaksi keras terhadap obat-obatan tertentu.

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)