KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Delegasi

Delegasi Latihan Gabungan

INFOKOM | Senin, 01 Juni 2015 - 21:09:30 WIB | dibaca: 674 pembaca

Latihan Gabungan

Pada tanggal 9 – 11 Mei kemarin, KSR PMI Unit 121 PNUP kembali mendelegasikan beberapa anggotanya untuk mengikuti Latihan Gabungan yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit Unismuh. Bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Makassar, latihan gabungan ini mengusung tema “Gladi Lapang, Penanggulangan Bencana Banjir”.

 

Sebagai utusan KSR 121, Evaliana Ismayanty, Hasbar Ikhwan, Sepryl Jaka, Dewintha Septarani dan Anita Rahman mendapatkan serentetan ilmu selama 3 hari di Benteng Somba Opu, Rumah Adat Kajang dan Mandar. Materi yang didapatkan antara lain yaitu assesment, rencana operasi, manajemen posko, dan dapur umum serta pertolongan pertama khususnya saat banjir tejadi.

 

Selain materi mengenai penanggulangan bencana, para peserta yang berasal dari KSR se-Kota Makassar juga mendapatkan materi spesial mengenai peranan BPBD Kota Makassar dalam penanggulangan bencana yang dibawakan langsung oleh Bapak Drs. Muh. Arman Kudus.

 

Praktek Pertolongan Pertama
 

Tentunya tidak hanya materi yang diberikan, praktek dan simulasi juga dilakukan untuk mewujudkan tema dari latihan gabungan ini. Simulasi bencana banjir yang dikoordinatori oleh Kakanda Arfandi dilaksanakan di Sungai Je’neberang. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari tim korban, warga, assessment, posko, shelter atau tendanisasi, dapur umum, evakuasi, pertolongan pertama, dan rumah sakit lapangan.

 
Simulasi Bencana Banjir
 

Evaliana dan Hasbar saat dimintai pendapatnya seusai kembali dari latihan gabungan ini mengatakan bahwa kegiatan tersebut berlangsung sangat menarik, seru, dan banyak pengalaman serta teman baru dari ksr unit lainnya yang bisa didapatkan.

“Kami merasa beruntung bisa di delegasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besanya kepada 121 karena sudah mempercayakan kami sebagai utusan,” ujar Hasbar.

 

Now and Forever For Humanity!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)