KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Donor Darah

Donor Darah Rutin I & Pemeriksaan Kesehatan

INFOKOM | Selasa, 03 Maret 2015 - 18:01:12 WIB | dibaca: 971 pembaca

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.
Agar bisa mendonor, calon pendonor juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Ayo pastikan dirimu termasuk ya!
 
1. Calon donor harus berusia 17-60 tahun
2. Berat badan minimal 45 kg
3. Kadar hemoglobin >12,5 gr%
4. Tekanan darah 100-160 (sistol) dan 70-100 (diastol).
5. Temperatur tubuh antara 36,6-37,5 derajat Celcius
6. Tidak mengalami gangguan pembekuan darah (hemofilia)
7. Denyut nadi antara 50-100 kali/menit
8. Kadar hemoglobin baik pria maupun perempuan minimal 12,5 gram
9. Tidak pernah menyumbangkan darah dalam jangka waktu 3 bulan sebelumnya
10. Untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh pernah atau sedang menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.
 
Sehubungan dengan itu, baru-baru ini Pengurus Harian Organisasi UKM KSR PMI Unit 121 PNUP ini kembali melaksanakan kegiatan Donor Darah Rutin I dengan bertemakan "Saya Donor karena Saya Peduli" yang merupakan salah satu program kerja KSR PMI Unit 121 PNUP, diadakan tiap 3 bulan sekali. Kegiatan Donor Darah Rutin yang bekerjasama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Makassar ini bertempat di Pelataran Kantin Kampus PNUP pada 24-26 Februari 2015. Selama 3 hari pelaksanaan, 176 kantong darah berhasil dikumpulkan.
 
Selain itu, di hari yang bersamaan diadakan pula Pemeriksaan Kesehatan berupa tes tekanan darah, tes kolestrol, tes gula darah dan tes asam urat. Karena memiliki segudang kesibukan, terkadang mahasiswa maupun dosen dan staf lupa mengontrol keadaan kesehatan mereka, maka dari itu KSR 121 dalam hal ini menjadi wadah agar seluruh warga kampus PNUP dapat tetap mengetahui keadaan kesehatan mereka.
 
pemeriksaan kesehatan 
  
“Ucapan terima kasih saya haturkan kepada seluruh warga kampus PNUP yang telah tulus ikhlas mendonorkan darahnya, terutama bagi mahasiswa baru 2014 yang mulai mencoba merasakan betapa menyehatkannya donor darah itu. Sampai ketemu di Donor Darah Rutin II di bulan Mei.” Ujar Kepala Divisi Donor Darah. (dil)
 
"Now and Forever for Humanity!" 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)