KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Fakta Penting Seputar Hand Sanitizer

INFOKOM | Minggu, 05 April 2020 - 16:41:24 WIB | dibaca: 21604 pembaca

Hand sanitizer mungkin sudah tak asing di telinga sebagian besar masyarakat Indonesia. Terlebih lagi saat ini masyarakat sedang mencegah penyebaran virus Corona Covid-19. Namun, tahukah kalian asal-usul hand sanitizer?. Hand sanitizer sudah ditemukan sejak  tahun 1966. Saat itu, seorang mahasiswa keperawatan di Bakersfield, California, Lupe Hernandez, menemukan bahwa alkohol dapat dijadikan sebuah gel. Hingga akhirnya Hernandez menemukan formula yang tepat setelah melakukan beberapa kali percobaan dan mulai dikomersialkan oleh beberapa  perusahaan pada tahun 1988. Hand sanitizer mulai direkomendasikan oleh Centers for Disease Control (CDC) pada 2002. Saat itu CDC menyebutkan, pembersih tangan berbasis alkohol membutuhkan lebih sedikit waktu daripada pembersih tangan tradisional. World Health Organization (WHO) kemudian mengikuti jejak CDC pada 2009 dan mulai merekomendasikan penggunaan pembersih tangan berbasis alkohol di kalangan profesional, terutama yang ada di negara miskin sumber daya dengan akses terbatas pada air bersih.

Hand sanitizer efektif membunuh virus dan bakteri jika mengandung alkohol yang memiliki konsentrasi melebihi 60% dan akan bekerja jauh lebih cepat ketika konsentrasinya meningkat. Kandungan alkohol dalam hand sanitizer dapat “membunuh” beberapa jenis bakteri dan virus dengan menghancurkan lapisan terluar mereka, dan membuat mereka tidak dapat mengambil ahli inang untuk berkembang. Dalam keadaan darurat hand sanitizer akan melindungi kita dari virus tak kasat mata yang mungkin ada di transportasi umum atau toilet umum. Hand sanitizer bisa bertahan hingga 3 tahun namun setiap merek memiliki masa kadaluwarsa yang berbeda-beda.

Meskipun hand sanitizer efektif membunuh virus dan bakteri. Namun sejauh ini, mencuci tangan masih menjadi solusi terbaik terhadap pencegahan virus corona. Karena sabun dan air mengalir terbukti lebih efektif dalam menghalau berbagai jenis kuman dan bakteri. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

 

 

 

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)