KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Berita

Hari HIV/AIDS Sedunia 2020

INFOKOM | Kamis, 24 Desember 2020 - 14:11:20 WIB | dibaca: 357 pembaca

Masa pandemi seperti saat ini, tidak menghentikan langkah relawan KSR 121 untuk memperingati Hari HIV/AIDS sedunia dengan cara membagikan pita merah, coklat dan brosur sebanyak 250 buah kepada civitas akademik Politeknik Negeri Ujung Pandang. Kegiatan berlangsung pada Selasa (1/12) kemarin dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pita merah menjadi simbol kesadaran terhadap HIV/AIDS yang diakui secara internasional, digunakan untuk memberikan dukungan pada orang-orang dengan HIV dan mengenang mereka yang meninggal karena penyakit terkait AIDS.

Berdasarkan data WHO kasus HIV/AIDS di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun dan puncaknya pada tahun 2019, yaitu sebanyak 50.282 kasus. Untuk menghindari penularan HIV, dikenal konsep (ABCDE) sebagai berikut:

  1. A (Abstinence) artinya Absen seks atau tidak melakukan hubungan seks bagi yang belum menikah.
  2. B (Be faithful) artinya Bersikap saling setia kepada satu pasangan seks (tidak berganti-ganti pasangan).
  3. C (Condom) artinya Cegah penularan HIV melalui hubungan seksual dengan menggunakan kondom
  4. D (Drug) artinya Dilarang menggunakan narkoba
  5. E (Education) artinya pemberian Edukasi dan informasi yang benar mengenai HIV, cara penularan, pencegahan dan pengobatannya. 

 

Jangan pernah merenggut hak sosial milik orang lain bahkan ketika dia mengidap penyakit AIDS, jangan pernah jauhi dan melakukan diskriminasi terhadap mereka, "jauhi penyakitnya bukan orangnya". 

 

Now and Forever for Humanity !!!

 

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)