KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Have You Breakfast Today?

INFOKOM | Minggu, 22 Februari 2015 - 22:46:34 WIB | dibaca: 1115 pembaca

ayo sarapan

Sarapan pagi merupakan bagian terpenting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari kita. Tidak hanya memberikan asupan energi, sarapan pagi memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Namun walaupun demikian, tidak sedikit orang yang mengabaikan kegiatan di pagi hari ini. Selain karena alasan terburu-buru berangkat kerja atau sekolah, tidak sempat menyiapkan sarapan, bahkan hanya karena menyepelekan sarapan pagi. Berikut beberapa manfaat sarapan pagi bagi kesehatan:

 

·        Sumber energi

Setelah tubuh berpuasa selama 8 jam saat tidur, tubuh tentu memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari. Energi inilah yang dapat diperoleh dari sarapan pagi. Sehingga kita akan lebih siap dalam melakukan aktivitas dan membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

 

·        Meningkatkan konsentrasi otak

Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi, meningkatkan daya tangkap, dan membantu kemampuan otak untuk berpikir. Hal ini karena saat sarapan, otak juga akan mendapatkan nutrisi. Oleh karena itu, sarapan sangat penting terutama untuk para pelajar.

 

·        Menurunkan berat badan

Beberapa penelitian yang dilakukan berbagai universitas menyebutkan bahwa sarapan pagi dapat membantu menurunkan berat badan sedangkan orang-orang yang melewatkan makan pagi, berat badannya cenderung mudah bertambah. Hal ini dikarenakan dengan mengisi perut di pagi hari, maka kita dapat menekan nafsu makan di siang hari. Berbeda dengan orang yang melewatkan sarapan, ia akan makan siang 20% lebih banyak dari orang yang telah sarapan.

 

·        Mengurangi resiko penyakit kronis

Sebuah studi dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa seseorang yang meninggalkan kebiasaan sarapan berpotensi besar mengalami, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, bahkan gangguan jantung. Hal ini dikarenakan kadar gula darah dalam tubuh yang menurun saat kita tidur. Jika anda membiarkan kondisi tersebut hingga siang hari (tidak sarapan) lalu makan siang dalam porsi yang besar, maka gula darah akan melonjak secara tiba-tiba. Hal tersebut yang menyebabkan berkembangnya penyakit kronis.

 

Selain itu, sarapan pagi juga dapat mencegah penyakit maag. Karena dengan sarapan, lambung kita akan terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Sebaliknya bagi yang melewatkan sarapan, lambung akan terlalu lama kosong sehingga mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.

 

·        Menjaga mood

Hasil penelitian mengenai sarapan pagi banyak mengungkapkan bahwa mereka yang telah sarapan pagi dibandingkan dengan mereka yang tidak sarapan memiliki mood yang berbeda. Orang yang sarapan memiliki mood yang lebih baik atau tingkat emosi yang lebih stabil dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan.

  

Melihat segudang manfaat dari sarapan pagi, marilah mulai membiasakan diri untuk rutin sarapan pagi sebelum beraktifitas. Dengan sarapan pagi saja tubuh kita belum tentu menjadi sehat, tergantung dari makanan yang kita konsumsi, apalagi jika kita tidak sarapan. So, let’s start your day with breakfast! (sfr)

Now and Forever For Humanity!










Komentar Via Website : 1
dani hendra w
23 Februari 2015 - 07:50:20 WIB
bagus infonya menarik ,., min izin share :) :) :)
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)