KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Berita

Ini!! Penyebab Longsor Banjarnegara

INFOKOM | Sabtu, 20 Desember 2014 - 18:28:24 WIB | dibaca: 659 pembaca

longsor banjarnegara

Puluhan rumah yang dihuni sekitar 300 jiwa dari 53 keluarga di Dusun Jemblung RT 05 RW 01, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, tertimbun tanah longsor pada Jumat (12/12/2014) sekitar pukul 17.30 WIB.

 

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan Dusun Jemblung memang merupakan daerah yang rawan longsor dengan intensitas sedang-tinggi. Dua hari sebelumnya Dusun Jemblung diguyur hujan yang cukup deras sehingga tanah di lokasi tersebut menjadi penuh dengan air. Juga materi penyusun bukit Telaga Lele, di Dusun Jemblung, merupakan endapan vulkanik tua sehingga lapisan tanah cukup tebal dan mengakibatkan pelapukan.

 

Sutopo juga mengatakan, penyebab longsor tidak lepas dari ulah manusia sendiri. "Budidaya pertanian yang tidak mengindahkan konservasi juga jadi penyebab, kondisi tanah dan air di lokasi kejadian, di mana tidak ada terasering pada lereng tersebut.” kata Sutopo.

 

Hingga hari ketujuh pencarian, 86 korban longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar, Banjarnegara, berhasil ditemukan. Namun hanya 33 korban yang tercatat sebagai warga asal Dusun Jemblung. Sisanya adalah warga asal daerah lain. 

 

Sumber: kompas.com

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)