KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Jari Telunjuk

INFOKOM | Jumat, 30 Maret 2018 - 23:57:05 WIB | dibaca: 40 pembaca

Jari telunjuk yang bengkok, bengkok maksudnya bila disandingkan dengan sebuah pensil pada jari, jari tidak mengikuti lurusnya pensil itu. Melenceng kekanan atau kekiri. Bila pensil diletakkan di punggung jari atau telapak jari. Hal tersebut menandakan bahwa kita mempunyai permasalahan pada saraf usus.

Penyakit Hirschsprung adalah kelainan yang terjadi pada usus besar (kolon). Pada kondisi normal, usus akan bergerak secara terus-menerus untuk mendorong feses (kotoran sisa makanan) ke arah anus. Pada penderita penyakit Hirschsprung, saraf yang bertugas mengendalikan pergerakan ini tidak berfungsi, sehingga menyebabkan feses terperangkap di usus. Gangguan pada saraf ini bisa menimbulkan masalah seperti konstipasi, infeksi, pembengkakan di perut, dan masalah usus lainnya.

Para penderita penyakit Hirschsprung seringkali harus menempuh prosedur operasi untuk menyembuhkan penyakit ini. Operasi itu dilakukan untuk memotong bagian dari usus besar yang tidak memiliki sel-sel saraf. Lapisan usus besar yang bermasalah diangkat, lalu bagian usus besar yang normal ditarik dari dalam dan disambungkan langsung ke anus.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)