KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Kacang Hijau Si Kaya Nutrisi

INFOKOM | Rabu, 11 Mei 2016 - 08:30:42 WIB | dibaca: 495 pembaca

Siapa yang tidak mengenal kacang hijau? Jenis kacang-kacangan yang kerap dijadikan MPASI (Makanan Pendamping ASI) dan juga kudapan orang dewasa ini, memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, harganya yang ekonomis dan mudah diolah menjadi berbagai makanan dan minuman, semakin menjadi daya tarik tersendiri bagi kacang hijau untuk dikonsumsi. Berikut beberapa kandungan nutrisi di dalam kacang hijau :


Kaya serat

Kacang hijau kaya akan kandungan serat makanan yang baik untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, serat makanan dalam kacang hijau juga ampuh untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Bahkan, serat makanan tersebut juga dapat membantu dalam menurunkan risiko penyakit jantung, dan diabetes.


Kaya magnesium

Dalam 100 gram kacang hijau terdapat setidaknya 53% magnesium. Dengan mendapatkan cukup magnesium, maka dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopouse pada wanita. Selain itu magnesium juga memiliki efek yang baik bagi jantung, penderita diabetes dan juga menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.


Rendah lemak

Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau dapat menjadikannya pilihan makanan bagi para penderita kolestrol. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan mengonsumsi kacang hijau secara teratur, dapat menurunkan kadar kolestrol tubuh secara alami.


Asam folat

Bagi yang sedang merencanakan kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi kacang hijau. Kandungan asam folat yang tinggi dalam kacang hijau sangat baik untuk memberikan perlindungan pada bayi agar terhindar dari kelahiran prematur, keguguran, bahkan memberikan perlindungan dari terlahir dengan cacat pertumbuhan sistem saraf. 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)