KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Kebiasaan sehat yang tidak selalu sehat

INFOKOM | Rabu, 25 Februari 2015 - 22:43:09 WIB | dibaca: 727 pembaca

Mengikuti aturan hidup sehat tampaknya sangat mudah dijalani. Seperti makan yang sehat, olahraga, cukup tidur, dan Anda pun menjadi orang yang sehat. Tapi, seringkali pilihan yang bermanfaat buat kesehatan bisa menyakiti diri sendiri. Berikut sejumlah kebiasaan tak terduga yang kelihatannya sehat tapi bisa membahayakan Anda!
 
 
1. Menggunakan pembersih tangan
Jika Anda menggunakan pembersih tangan setiap kali Anda kontak dengan dunia luar, Anda harus menjedakannya. Kecuali, Anda berada di sebuah tempat yang penuh kuman seperti rumah sakit, pilihan terbaik adalah sabun dan air. Bila Anda tak dekat dengan wastafel, gel sanitasi pembersih tangan bisa membantu tapi pastikan selalu membaca labelnya. Studi baru menunjukkan, pembersih mengandung triclosan bisa mempromosikan bakteri dan resistensi virus terhadap antibiotik. Sebaliknya, pilihlah merek yang mengandung setidaknya 55 persen alkohol yang akan membunuh 98 persen bakteri.

2. Menyikat gigi setelah makan
Segera menyikat gigi setelah makan mungkin seperti ide yang baik untuk menjaga kesehatan gigi Anda, tapi sebaiknya Anda menundanya. Makanan bisa meninggalkan asam pada gigi Anda yang melemahkan enamel dan menyikat ketika enamel dalam keadaan melemah bisa menghancurkan enamel. Untuk mengusir semua partikel makanan yang tersisa setelah makan, cukup kumur-kumur dengan air dan menyikat pada pagi hari dan malam. Ketika Anda menyikat gigi, pastikan melakukannya dengan gerakan melingkar. Ini akan meningkatkan kemungkinan mengusir bakteri berbahaya antara gusi dan gigi. Di sisi lain menyikat bolak-balik atau naik dan turun bisa meninggalkan bakteri berbahaya, yang menyebabkan penyakit gusi.

3. Hanya minum air kemasan
Dengan minum air kemasan Anda mungkin berpikir bagus untuk tubuh karena menghindari air keran. Tapi, itu juga tidak benar. Air botolan tidak mengandung flourida dan semakin banyak  orang dewasa yang menderita kekurangan fluorida, yang menyebabkan kerusakan gigi. Sebaliknya, mengisi gelas Anda dengan air murni yang disaring akan membuat air Anda bebas dari kotoran umum yang ditemukan di air keran.

4. Hanya kardio saat latihan
Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah tetap berlatih kardio, tapi jika Anda hanya melakukan kardio, tubuh Anda akan terbiasa dengan rutinitas tersebut dan hasilnya lemak yang terbakar sedikit. Bertukarlah dengan beberapa latihan lainnya yang melibatkan latihan kekuatan yang berbeda dengan istirahat sebentar di antaranya agar menjaga detak jantung Anda saat berolahraga. Pastikan Anda membakar kalori yang banyak.

5. Suplemen
Ketika menyangkut tentang mineral dan vitamin, lebih banyak tak selalu lebih baik. Orang sering minum suplemen tanpa memahamai dirinya benar-benar membutuhkan atau tidak. Banyak orang yang kekurangan nutrisi utama. Ada efek samping yang serius dari minum pil sembarangan. Contohnya saja, Vitamin A dalam dosis besar bisa menjadi racun buat janin, Vitamin C dalam jumlah besar menyebabkan masalah pencernaan serta mengganggu pengobatan diabetes, dan terlalu banyak Vitamin B6 bisa menyebabkan kerusakan saraf. Makanlah makanan yang bergizi, bukan meminum suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan. Dan bila Anda ingin meningkatkan asupan kalsium cobalah makan bayam atau segelas susu skim. Jika Anda melihat suplemen sebagai pilihan terbaik demi memperbaiki kekurangan, lihat labelnya.
 
Semoga Bermanfaat! (dil)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)