KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Kesehatan Mulut dan Gigi

INFOKOM | Rabu, 07 Februari 2018 - 15:42:29 WIB | dibaca: 355 pembaca

Rongga mulut merupakan salah satu tempat dalam tubuh yang mengandung mikroorganisme dengan populasi dan keanekaragaman paling tinggi dibanding tempat lain. Kebersihan rongga mulut dapat dilihat dari ada tidaknya deposit-deposit organik, seperti sisa makanan dan plak gigi. Indonesia merupakan negara yang berkembang, masyarakat umumnya membiasakan menyikat gigi secara manual dengan pasta gigi sebagai hal yang umum dan secara potensial efektif terhadap kebersihan rongga mulut

Kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia masih merupakan hal yang perlu mendapat perhatian serius dari tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat gigi. Menurut data yang dikeluarkan Depertemen Kesehatan dari riskesdas (riset kesehatan dasar) sekitar 72% penduduk Indonesia mempunyai pengalaman karies (gigi berlubang) dan 46,5 diantaranya meupakan karies aktif yang belum dirawat.

Adapun faktor dari dalam mulut yang menyebabkan karies antara lain struktur gigi, morfologi gigi, susunan dari gigi geligi di rahang, derajat keasaman air ludah, kebersihan mulut dan frekuensi makanan manis. Selain itu faktor penyebab dari luar sebagai faktor penyebab dan penghambat tidak langsung dengan proses terjadinya gigi berlubang adalah usia, jenis kelamin, tingkat ekonomi serta pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap pemeliharaan kesehatan gigi.

Oleh karena itu, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan cara yang tepat untuk mengubah perilaku hidup yang tidak sehat itu. Nah menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara yang sederhana sesuai dengan metode di bawah ini:

  • Jangan takut pergi ke dokter gigi.
  • Rajinlah menggosok gigi
  • Lakukan flossing dalam menyikat gigi, dimana membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss.
  • Gunakan obat kumur.
  • Kurangi makan makanan yang manis. 
  • Jagalah agar mulut tetap lembab dengan cara minum air putih yang cukup 

Senyum yang indah adalah hasil dari keadaan gigi dan mulut yang sehat. Gigi dan mulut yang sehat tentunya akan membuat rasa percaya diri anda menjadi jauh lebih meningkat. Jadi, jika ingin memiliki kesehatan tubuh yang optimal, jangan lupa untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Karena, menjaga kesehatan mulut anda adalah investasi dalam kesehatan anda secara keseluruhan.

Now And Forever For Humanity










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)