KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Makanan Sehat Untuk Mahasiswa Sibuk

INFOKOM | Jumat, 03 Januari 2014 - 00:28:50 WIB | dibaca: 1120 pembaca

Rata-rata mahasiswa, terlebih mereka yang hidup sendiri atau kost, cenderung terbenam dengan keasyikan dan kesibukan kampus atau kegiatan lainnya. Karena itu, jadwal makan pun sering kali terbengkalai dan mahasiswa memiliki kecenderungan lebih memilih mengunjungi restoran makanan siap saji. Padahal makan merupakan hal penting yang dapat membuat mahasiswa tetap terjaga kesehatannya sehingga dapat berstamina dalam melakukan rutinitas. Berikutbeberapa tips makansehatbagi para mahasiswa yang mudah dan dapat langsung diterapkan.

1.   Pentingnya sarapan
Menuruthasilpenelitian, melewatkan sarapan berpengaruh besar terhadap pencapaian akademis. Bila memang tak ada waktu untuk duduk sejenak dan menikmati sarapan, setidaknya belilah makanan ringanseperti biskuit, buah-buahan, atau jus buah untuk mengisi perut sebelum beraktivitas.

2.   Pilah pilih fast food
Bila terpaksa makan fast food, pilihlah menu dengan bijak. Pilih roti yang kualitasnya bermutu dan sehat. Adapun kentang dan ayam sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak yang berbahaya bagi tubuh.

3.   Simpan camilan sehat
Menyimpan camilan di kamar tentu akan berguna suatu waktu bila terpaksa bergadang mengerjakan tugas kuliah. Simpanlah camilan sehat seperti kue beras atau kue terbuat dari gandum. Jikapunyakulkas, simpanlahbuah-buahandan yoghurt.

4. Makanan kaya kalsium
Makanlahmakanan yang banyakkalsium. Mahasiswa yang usianya di awal 20 tahunmemerlukanbanyakkalsiumgunamenjaga agar tubuhtakterkena osteoporosis di kemudianhari. Jikataksukasusu, minumlah yoghurt rendahlemak.

5. Kurangigula
Selainmenambahkalori, gulajugaberisikomerusakgigi. Makaitu, bilainginmenyeduh kopi, teh, atausereal, gunakanlahgulaseminimmungkindanusahakanmenggantigulabiasadengangularendahkalori.

6. Banyakminum air
Tubuhkitasetidaknyamembutuhkandelapangelas air per harinya. Apabilakitabanyakberaktivitas, mungkinlebihbanyakgelas. Untukmengingatkandirisendiri, bawalahtempatminum di dalamtas.(Pri/OL-06)

 

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)