KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

MEMBACA: "HOBI ATAU KEBUTUHAN?"

INFOKOM | Senin, 03 Maret 2014 - 21:22:39 WIB | dibaca: 1192 pembaca

Membaca adalah sebuah jendela yang membuat seseorang bisa menelaah dan mengetahui segala sesuatu yang dimiliki orang lain dengan cara yang sangat mudah dan simpel. Dengan demikian, membaca merupakan kebutuhan yang sangat pokok dan prinsip dalam kehidupan kita pada zaman modern sekarang ini.

Barangkali kita sering mendengar sebagian orang yang bertanya, "Apa hobi Anda?" Namun, saat kita memperhatikan, kita akan mendengar jawaban yang berbeda-beda dan salah satunya akan menjawab, "Hobi saya membaca". Cukup mengherankan memang dengan jawaban tersebut. Sebab, apakah dibenarkan, misalnya, jika seorang berkata, “Hobi saya minum air putih,” padahal setiap orang minum air?! Padahal, semua orang tahu bahwa ini bukanlah hobi, tetapi kebutuhan primer.

Begitu juga tidak benar jika seseorang berkata, "Hobi saya makan". Mengapa tidak benar? Sebab, makan adalah kebutuhan primer, bukan Hobi. Semua manusia pasti akan lapar sehingga ia harus makan. Namun, bisa jadi dalam hal makanan, Anda lebih memilih suatu makanan tertentu dibandingkan makanan yang lain. Memang demikian keadaan Anda.

Jika Anda menghalangi diri Anda untuk tidak makan , tidak tidur, atau tidak bernafas, pasti akan menyebabkan Anda mati. Sebab, ini semua merupakan kebutuhan hidup yang pokok bagi setiap insan.

Anda harus membaca, bukan hanya satu atau dua buku. Di samping itu, bukan hanya sehari dalam satu pekan atau sebulan dalam satu tahun saja, tetapi hendaknya membaca harus menjadi konsep hidup Anda.

Jangan sampai satu hari berlalu sementara Anda tidak membaca.Namun demikian, bukan berarti Anda harus membaca apa saja. Hendaknya yang dibaca ialah bacaan yang bermanfaat serta konstruktif, bukan bacaaan yang menghancurkan; bacaan yang memperbaiki, bukan yang merusak.

Dengan demikian, membaca bukanlah suatu hobi. Sungguh tak pantas jika kita mendengar seseorang mengatakan, "Saya tak suka membaca, saya tak biasa membaca, atau saya cepat bosan dalam membaca". Sebab, berarti ini sama dengan orang yang mengatakan, "Saya bosan makan sehingga saya tak akan makan."

Jika Anda mengetahui manfaat dalam membaca, anda akan mendapatkan perbedaan dalam pengetahuan anda yang sangat besar. Sehingga, Anda tak akan pernah merasa heran jika ada pernyataan, "Sesungguhnya, membaca bukan sekadar hobi, tetapi sebuah konsep hidup.

 

 

 

 

 

Sumber : https://forsihimmpas.wordpress.com










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)