KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Mengapa Harus Cukup Minum Air Putih

INFOKOM | Jumat, 15 April 2016 - 13:50:33 WIB | dibaca: 523 pembaca

Dalam memenuhi kebutuhan cairan, sebaiknya pilihlah minuman yang baik & tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan. Salah satu yang terbaik adalah air putih. Meski kalah populer dengan minuman beraroma & beraneka rasa yang beredar di pasaran, kebutuhan minum air putih harus selalu tercukupi. Mengapa?
 
 
Memelihara fungsi ginjal
Cairan tubuh merupakan media yang mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar & masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin.

Saat tubuh punya cairan cukup, urin akan mengalir bebas, jernih tanpa bau namun ketika tidak cukup cairan, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Bila anda kekurangan minum air putih, risiko mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada negara iklim tropis. Selain menjaga ginjal, air putih juga memastikan usus menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi.
 
 
Jaga keseimbangan cairan tubuh
60% tubuh manusia terdiri dari cairan, banyak proses dalam tubuh yang membutuhkan cairan, seperti pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi & mempertahankan suhu tubuh. Semua aktifitas ini pasti akan terganggu jika asupan cairan untuk tubuh berkurang.
 
 
Bantu kendalikan kalori
Sekalipun tidak memberikan efek yang luar biasa sesaat setelah diminum, banyak ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih bagi kesehatan, salah satunya diet. Program diet akan berhasil jika anda memilih air atau minuman non- kalori sebagai pengganti minuman kalori.
 
 
Membuat kulit tetap bercahaya
Ternyata air putih juga punya kemampuan untuk menjaga agar kulit tetap bercahaya. Air putih berfungsi sebagai benteng pertahanan kulit dalam menjaga ekses hilangnya cairan tubuh.
 
Jadi, sudah berapa gelas air putih yang anda minum hari ini?










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)