KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Otak Laki-Laki vs Otak Perempuan

INFOKOM | Jumat, 22 April 2016 - 10:36:26 WIB | dibaca: 735 pembaca

Otak kiri mengatur bagian tubuh sebelah kanan, bekerja untuk mengingat kata-kata, matematika, verbal, logis, fakta, analisa, syair, nyanyian, lineal, detail dan lebih teratur. Otak kanan mengatur bagian tubuh sebelah kiri, cenderung kepada kreatif, warna,artistik, visualisasi, intuisi, gagasan, khayalan, holistik, musik, bentuk & ruang. Berikut perbedaan otak laki-laki & perempuan yang perlu diketahui.

 

1. Perkembangan di masa balita

Pada usia 0-6 tahun otak kanan & kiri perempuan tumbuh dengan kecepatan yang berimbang. Sedangkan pada laki-laki otak kanan berkembang lebih cepat daripada perempuan. Meski demikian, otak kanan laki-laki berkembang lebih cepat daripada otak kiri perempuan. Tak heran jika pada usia sekolah banyak perempuan mendapat ranking di kelasnya, lebih cepat kemampuan membaca & menulisnya. Anak laki-laki yang mungkin merasa kurang dalam lisan, kesenian & matematika merasa terintimidasi & akhirnya lebih senang membuat kekacauan & keributan.

 

2. Perkembangannya di masa dewasa

Otak kanan  & kiri laki-laki baru berkembang beriringan menginjak usia 18 tahun. Pada usia itulah laki-laki akan menduduki posisi penting semisal ketua senat, ketua BEM, memimpin orasi dan lain sebagainya. Sedang perempuan akan kembali ke fitrah yakni menjadi seksi konsumsi, bendahara, sekretaris & sebagainya.

 

3. Perbedaan bahan kimia

Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika perempuan lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik. Sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

 

4. Letak emosi

Pada laki-laki umumnya terletak di sebelah kanan yang berarti perasaan dapat bekerja secara terpisah dari fungsi-fungsi otak yang lain. Contoh laki-laki berdebat dengan kata-kata di otak kiri tanpa emosional. Pada perempuan, titik emosi tersebar pada kedua belahan otak. Perasaannya menjadi lebih aktif serempak bersama dengan fungsi otak lain. Contoh: perempuan bisa menangis ketika mengganti ban yang kempes.

 

5. Memori lebih kecil

Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat secara detail.

 

6. Otak perempuan terhubung lebih baik, otak pria dibuat untuk pekerjaan khusus.

DR. Rober Groski, ahli neurologi dari Universitas California, Los Angeles menemukan bahwa corpus collosum pada otak perempuan lebih tebal daripada laki-laki sehingga perempuan mampu mengerjakan berbagai pekerjaan yang tidak saling berhubungan dalam satu waktu atau yang sering disebut multitasking. Maka wajar jika seorang ibu bisa saja menggoreng tempe sambil menyuapi si kecil & menemani kakak belajar sembali sesekali melirik smartphone-nya. Berbeda dengan laki-laki yang hanya bisa menekuni satu hal. Dan ketika ia sedang berkonsentrasi, tanpa disadari pendengaranya akan menurun.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)