KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Berita

Pelatnas Sukses Menyatukan Relawan

INFOKOM | Senin, 28 September 2015 - 08:43:41 WIB | dibaca: 606 pembaca

“Sekali bertemu, kita semua bersaudara!” Hal tersebutlah yang seakan-akan menjadi motto peserta Pelatihan Nasional Spesialisasi Diseminasi Kepalangmerahan yang berlangsung 14-20 September kemarin. Pelatihan yang diselenggarakan oleh KSR PMI Unit 121 PNUP ini sukses menyatukan relawan KSR dari berbagai kota, mulai dari Aceh, Padang, Medan, Bengkulu, Pontianak, Tarakan, Jakarta, Bima, Makassar, Sinjai, Palopo, Soroako, hingga Ambon dan Papua.

Bertempat di Balai Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan dan Kota Makassar, para peserta menerima materi kepalangmerahan yang dibawa langsung oleh ICRC (International Committee of the Red Cross) selama tiga hari. Pelatihan pun dilanjutkan dengan praktek diseminasi kepalangmerahan di SMKN 2 Makassar dan MAN 2 Model Makassar.

Tidak sampai disitu, dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 September, para peserta mendapat kesempatan mengunjungi dan makan malam bersama Ketua PMI Kota Makassar, Bapak Syamsu Rizal atau yang akrab disapa Daeng Ical. Acara ini berlangsung di rumah jabatan Daeng Ical yang juga selaku wakil walikota Makassar. 

Setelah mengikuti pelatihan selama empat hari berturut-turut, tibalah saatnya para peserta menikmati Fun Trip di Kota Makassar dan Toraja Utara. Para peserta berkesempatan untuk mengunjungi benteng Rotterdam dan Pantai Losari dan tentunya tidak lupa menikmati salah satu kuliner khas Makassar apalagi kalau bukan pisang epe dan es pisang ijo.

Di toraja utara sendiri, para peserta mengunjungi tempat wisata seperti Londa, Kete’ kesu dan Boring selama seharian penuh. Sebagai penutup trip di Toraja, ditemani api unggun, malam harinya para peserta berkumpul dan memperkenalkan pakaian adat masing-masing daerah. Tidak hanya itu, para peserta juga saling berbagi cerita tentang pesan dan kesan selama mengikuti pelatihan ini. 

“Jujur saya sangat senang dan bersyukur bisa bertemu dan mengenal relawan-relawan hebat dari sabang sampai merauke dalam pelatihan ini. Ternyata semboyan Negara kita, Bhineka Tunggal Ika masih melekat dalam diri kita. Saya sangat berharap kebersamaan kita yang bisa dibilang singkat tapi sangat mengesankan ini tidak berhenti sampai disini saja tapi sampai akhir nanti. Karena sekali bertemu, kita semua bersaudara! Siamo tutti fratteli,” ujar salah satu peserta. 

Pelatihan ini pun ditutup dengan resmi oleh Bapak Muslimin, selaku Pembantu Direktur III PNUP pada acara malam ramah tamah di Grand Clarion Hotel, 20 September yang lalu.

Now and Forever For Humanity!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)