KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Pentingnya Menjaga Kebersihan Handuk

INFOKOM | Jumat, 07 April 2017 - 14:35:56 WIB | dibaca: 464 pembaca

Handuk merupakan bagian terpenting dalam kehidupan sehari- hari sehingga seharusnya kita menjaga kebersihan handuk kita. Tapi, Sebagian masyarakat Indonesia memiliki kebiasaaan mengganti handuknya rata-rata satu minggu sampai satu bulan sekali. Padahal berdasarkan Badan kesehatan konsumen dan lingkungan di Amerika Serikat, idealnya handuk harus dicuci setelah 3-4 kali pemakaian. Hal ini dikarenakan ada banyak dampak negative bagi kesehatan apabila kita menggunakan handuk yang jarang dicuci. Apa saja dampaknya?

1. Handuk yang tidak dicuci dalam jangka waktu yang lama dapat membawa bakteri patogen seperti MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus). MRS adalah infeksi kulit yang bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti paru dan jantung. Sehingga, bisa membahayakan nyawa, karena sekitar 10% orang sehat bisa membawa ini yang kebetulan kulitnya kering, pecah-pecah atau ada luka pada kulit.

2. Penelitian yang dilakukan oleh ilmuan University of Arizona menemukan bahwa dalam handuk terdapat 25,6 persen bakteri E Coli yang bisa menyebabkan keracunan dan diare.

3. Asisten Profesor Fisiologi dan Biofisika di Weil Cornell yakni Cristopher Mason, Ph.D menegaskan handuk yang tidak dicuci dalam waktu lama bisa menjadi media untuk menghantarkan kuman penyebab jerawat pada wajah.

Adapun bentuk pencegahan yang dapat kita lakukan yaitu:

  1. Gunakan handuk maksimal 3 kali pemakaian. Bedakan antara pemakaian untuk badan dan juga rambut. Hal ini bertujuan agar kuman yang menempel tidak bertambah banyak.
  2. Yang paling penting, pastikan handukmu berada dalam keadaan dijemur agar selalu pada kondisi kering sebelum dan setelah pemakaian
  3. Handuk harus dijemur atau dikeringkan dalam kondisi sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari ini cukup baik untuk membunuh kuman dan bakteri.
  4. Ini penting tapi sering disepelekan, jangan sekali-kali sharing handuk dengan orang lain. Selain menjaga kebersihan, penyakit kulit juga sangat mudah tersebar hanya karena pakai handuk orang atau meminjamkan handuk kita ke orang lain.

 

Semoga bermanfaat.











Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)