KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Posisi Duduk Yang Benar, Agar Tulang Belakang Sehat

INFOKOM | Jumat, 25 Desember 2015 - 15:13:42 WIB | dibaca: 620 pembaca

Kalau dihitung-hitung dalam satu hari mungkin kita bisa menghabiskan waktu sampai dengan 10 jam hanya untuk duduk. Mulai dari pagi hari berkendara menuju kampus, di dalam kelas, istirahat makan siang kita melakukannya dengan duduk. Tahukah kalian gerakan duduk yang salah dapat menimbulkan penyakit pada tulang belakang yang apabila tidak ditangani sedini mungkin efek sampingnya baru akan terasa di masa yang akan datang?. Salah posisi duduk bisa menyebabkan tubuh jadi sakit semua, atau juga punggung yang nyeri. Dan apabila Anda membiasakan diri duduk di posisi membungkuk, tubuh juga jadi tidak tegap dan postur tubuh berubah.

Berikut ini beberapa tips posisi duduk yang benar agar tulang belakang sehat :

1.  Duduk tegak dengan punggung lurus dan bahu ke belakang

Jika bokong telah menyentuh bagian belakang kursi, misalnya kursi kantor, tandanya Anda telah duduk dengan benar. Normalnya, lengkungan pada tulang belakang akan tampak saat kita duduk. Letakan bantal kecil sebagai penyanggah untuk membuat posisi lengkungan tulang belakang Anda normal.

 

2.  Tekuk lutut pada sudut yang benar

Pastikan posisi lutut lebih tinggi dari pinggul, agar posisi duduk Anda proporsional.

 

3.  Hindari menyilangkan kaki

Biasakan kaki Anda berpijak pada palang kayu yang ada di bawah meja. Dengan berpijak, kaki akan berada pada posisi tegak dan membuat tubuh Anda otomatis berada pada posisi duduk yang benar.

 

4.  Letakkan kursi dekat dengan meja

Semakin dekat dengan meja tempat Anda bekerja, semakin sedikit pula otot yang bekerja untuk menariknya. Oleh karena itu, pastikan tempat duduk Anda dekat dengan tempat Anda bekerja agar otot lebih rileks.

 

5.  Istirahatkan lengan dan siku

Regangkan sesekali lengan dan siku Anda sehingga bahu akan terasa lebih rileks.

 

6.  Jangan melintir punggung

Saat Anda akan mengambil barang dalam posisi duduk, putarlah seluruh tubuh untuk meraihnya. Ini juga berlaku saat Anda duduk di kursi kantor dan jenis kursi lain yang dapat diputar.

 

Semoga informasinya bermanfaat dan mari ubah kebiasaan agar kita jadi lebih sehat :)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)