KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Sehat Secara Natural Ala Food Combining

INFOKOM | Senin, 08 Maret 2021 - 14:27:27 WIB | dibaca: 326 pembaca

Tak jarang, banyak masyarakat menggunakan metode food combining untuk mengatur pola makan dan menyeimbangkan gizi saat melakukan program diet. Hal ini dikarenakan metode ini sangat  memperhatikan klarifikasi makanan yang dicerna oleh tubuh.

Apa Itu Food Combining ?

Food Combining adalah  istilah untuk pendekatan gizi yang menganjurkan kombinasi spesifik makanan sebagai pusat kesehatan yang baik. Food combining akan membagi makanan menjadi beberapa klasifikasi. Klasifikasi makanan yang umum kita ketahui adalah karbohidrat, protein, lemak, buah dan sayuran. 

Inti dari food combining mencakup 3 hal, yaitu:

1. Konsumsi makanan segar dan alami, serta menjauhi makanan ultra-proses.

Sayuran dan buah segar menjadi bagian utama dalam menu makan setiap harinya.

Makanan kalengan, makanan awetan, dan makanan yang mengandung food additives tidak disarankan untuk di konsumsi karena merupakan makanan ultra-proses. Hal ini dikarenakan makanan tersebut, sudah mengalami penambahan zat-zat kimia.

2. Konsumsi kombinasi makanan mengikuti siklus alami metabolisme tubuh.

Food combining menganggap bahwa jika makanan dikonsumsi bersamaan maka proses pencernaan tidak berjalan efektif sehingga banyak zat gizi dan fitonutrien yang akan terbuang.

3. Menjaga keseimbangan asam basa tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa proses pencernaan makanan berjalan paling efektif jika jaringan tubuh dan darah dalam kondisi netral cenderung basa, dengan pH 7,35-7,45. Jika tubuh dalam kondisi asam, akan mengakibatkan kembung dan diare.

Mari hidup sehat  dengan menerapkan pola makan food combining, "Sehat Secara Natural".

Now and Forever for Humanity!!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)