KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Smoking is Truly a Nightmare!

INFOKOM | Jumat, 02 Oktober 2015 - 19:38:27 WIB | dibaca: 1522 pembaca

Merokok berbahaya bagi mereka yang mengisapnya, juga mereka yang terpapar asapnya. “Rokok membunuhmu!” Peringatan itu tertulis jelas pada bungkus rokok. Gambar-gambar seram seperti kanker pita suara, kanker paru-paru pada bungkus rokok juga menjadi peringatan betapa bahayanya merokok bagi kesehatan.

 

Robby Indra Wahyuda (27) adalah salah satu korban  yang di diagnosis menderita kanker laring pada akhir Januari 2014. Akibat kanker itu,  ia harus kehilangan jakun dan juga pita suaranya sehingga iatak bisa lagi menyalurkan hobi menyanyinya. Robby yang ternyata mulai menjadi perokok sejak duduk di bangku SMP ini akhirnya menyadari bahaya merokok itu benar-benar ada. Sejak itu, ia terus menyebarluaskan bahaya merokok dan berharap pemerintah dapat melindungi para generasi muda dari rokok. Di media sosial itu, ia menunjukkan foto-foto selama pengobatan di Rumah Sakit dr. Sardjito Yogyakarta. Terakhir, Robby dikabarkan telah meninggal dunia pada Selasa (23/6/2015).

Disisi lain, orang yang terpapar asap rokok atau sering disebut perokok pasif juga memiliki risiko terkena penyakit seperti perokok aktif. Bahaya terpapar asap rokok bukan tanpa bukti, salah satu korban perokok pasif yaitu Ike Wijayanti (37) yang menderita kanker laring. Ike terpaksa kehilangan suaranya dan lehernya bolong. Padahal, Ike tidak pernah merokok, tetapi ia setiap hari terpapar asap rokok di tempat kerjanya.

 

Kepala Pusat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Eni Gustina mengatakan, asap rokok mengandung zat berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika terhirup dalam hitungan selama 30 menit saja.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)