KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Stop Memakai Smartphone Sebeum Tidur !

INFOKOM | Kamis, 30 Maret 2017 - 21:10:57 WIB | dibaca: 286 pembaca

Di era teknologi dan komunikasi saat ini, kita tentu sudah terbiasa menggunakan smartphone. Bahkan, beberapa orang memiliki kebiasaan mengecek smartphone sebelum tidur. Kebiasaan ini harus segera kita tinggalkan. Sebab pada waktu malam, otak akan siap beristirahat dan memproduksi hormon yang bermanfaat bagi tubuh. Tetapi dengan adanya cahaya yang ditangkap mata, membuat otak menjadi bingung dan berhenti memproduksi hormon tersebut. Ada beberapa alasan lain kenapa kita harus berhenti menggunakan smartphone sebelum tidur. Simak informasinya di bawah ini.

  • Cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone punya gelombang yang mampu mempengaruhi penglihatan. Menatap layar ponsel terlalu lama di malam hari sebelum tidur berpotensi merusak retina mata. Terlebih jika kita meihat layar smartphone dalam keadaan gelap, akan membuat mata menjadi tegang dan sakit dan efek jangka panjangnya akan merusak mata.
  • Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel mempengaruhi produksi melatonin. Apa itu melatonin? Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Dengan adanya cahaya yang ditangkap oleh mata, membuat otak akan bingung dan berhenti memproduksi hormon ini. Sehingga kita kesulitan untuk tidur dan dapat menyebabkan kurang tidur. Masalah kesehatan lain juga dapat timbul, misalnya depresi.
  • Selain mempengaruhi tidur, kekurangan hormon melatonin akibat radiasi sinar ponsel juga akan mempengaruhi asupan antioksidan dalam tubuh. Kurangnya zat antioksidan yang diperlukan tubuh bisa berakibat kurang baik untuk tubuh dan memperbesar risiko terjadinya kanker prostat atau payudara.
  • Saat tidur terpengaruh, maka kinerja otak dan memori juga terpengaruh. Orang yang kurang tidur, metabolisme tubuh dan aliran darah di otak akan terpengaruh sehingga kerjanya tak maksimal.

Solusinya jauhkan hp dari tempatmu tidurmu atau matikan hp untuk mencegah kamu iseng mengecek hp sebelum tidur. Agar kamu bisa tidur dengan lebih berkualitas. Sekarang kita memang masih belum merasakan efeknya, namun ada baiknya jika dicegah sedari dini untuk hidup yang lebih sehat di masa tua.

-Now and Forever For Humanity-










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)