KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Tertawa Yuk!

INFOKOM | Jumat, 17 April 2015 - 13:59:05 WIB | dibaca: 699 pembaca

laughing

Kalian pasti pernah mendengar istiliah “tertawa itu sehat”? Yup, istilah itu memang benar adanya. Tertawa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, mulai dari membuat wajah awet muda sampai mampu mencegah tubuh terkena serangan jantung. Bahkan saat ini di Amerika, tertawa dijadikan sebagai salah satu alternative terapi untuk penyembuhan penyakit kanker. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat dari tertawa:

 

Mengurangi stress

Ketika kita tertawa, otak akan mengeluarkan hormon endorphin dan serotonin yaitu hormone yang memicu perasaan menjadi lebih tenang, nyaman, dan bahagia. Selain itu, tertawa dapat membantu menekan hormon stres yang merusak kesehatan Anda.

 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Menurut Dr. Lee S. Berk dari Loma Linda University, California, USA, tertawa membantu meningkatkan kadar antibodi (immunoglobin A). Dengan sering tertawa, kamu telah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu, batuk dan beberapa jenis alergi.

 

Memperpanjang umur

Saat tertawa, organ tubuh anda seperti jantung, otak, dan paru-paru ikut terlibat dan ikut terangsang. Karena rangsangan, organ-organ tersebut aktif dan membuat mereka rileks dan hal ini dapat memperpanjang kesehatan mereka.

 

Meningkatkan aliran darah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat melancarkan sirkulasi darah dan oksigenisasi dalam darah. Oleh karena itu, tertawa menjadi cara yang paling ampuh untuk memerangi penyakit jantung dan stroke.

 

Membakar kalori

Menurut penelitian, tertawa lepas akan menigkatkan denyut jantung dan bisa membakar sekitar 10-40 kalori dalam 15 menit.

 

Ketawa bikin awet muda

Saat tertawa, otot-otot pada wajah kita akan bergerak. Hal ini yang membuat otot wajah mengencang, dapat menghilangkan kerut-kerut pada wajah, dan tidak mudah keriput sehingga wajah akan terlihat lebih awet muda. Tertawa juga akan menekan kelenjar air mata alhasil mata kamu akan lebih bersinar.

 

Fakta unik tertawa

Tertawa adalah suara yang tidak memiliki bahasa apapun dan terbukti secara ilmiah bahwa tertawa bisa menular. Gelotology adalah ilmu yang mempelajari tentang tertawa dan dampaknya pada tubuh manusia.

 

Melihat segudang manfaat tertawa diatas, nggak ada salahnya meluangkan waktu kalian sedikit untuk menonton video lucu atau membaca cerita lucu saat sedang banyak pikiran. Because laughter is the best medicine. Semoga bermanfaat!

Now and Forever For Humanity!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)