KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Tips Mengatasi Bau Naga

INFOKOM | Rabu, 17 Juni 2015 - 22:33:47 WIB | dibaca: 808 pembaca

bau naga

Akhirnya bulan suci Ramadhan yang paling dinantikan umat muslim datang juga. Saat berpuasa tentu aktivitas tidak boleh ikut berpuasa. Namun tidak bisa dipungkiri, berpuasa bisa menyebabkan “bau naga” alias bau mulut yang tidak sedap. Hal ini memang tidak membahayakan tapi tentu membuat kita jadi tidak percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain.

 

Bau mulut yang tak sedap ini sendiri timbul akibat kurangnya produksi air liur (saliva) saat berpuasa. Akibatnya bakteri dalam mulut akan berkembang biak dengan cepat, mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur penyebab bau mulut. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti maag dan diabetes.

 

That’s why mengatasi bau mulut saat berpuasa tentu berbeda dengan hari-hari biasa. Nah berikut tips mengatasi bau mulut saat berpuasa yang bisa kamu terapkan:

 

-   Minumlah air putih 8-10 gelas saat sahur dan berbuka. Hal ini bisa mencegah bau mulut pada siang hari karena air putih dapat meningkatkan produksi air liur (saliva) kita sehingga mencegah kekeringan pada mulut.

-    Perbanyak makanan yang mengandung serat dan vitamin C.

-  Hindari mengonsumsi makanan yang berbau tajam seperti pete, jengkol, bawang putih atau durian.

-   Selain itu, jangan mengonsumsi makanan yang lengket di gigi seperti cokelat, es krim, dan biscuit. Hal ini karena makanan tersebut susah dibersihkan sehingga bisa menempel di gigi lebih lama. Alhasil bau mulut pun tak dapat dihindari.

-   Jangan tidur setelah sahur tapi sikatlah gigi kamu dengan sempurna! Jangan lupa juga untuk menyikat lidah kamu bagian belakang karena disitulah tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

-   Jika perlu gunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Tapi ingat, pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alcohol agar mulut kamu tidak cepat kering.

-   Kurangi merokok saat bulan puasa. Karena merokok juga berkontribusi besar sebagai penyebab bau mulut.

-   Walaupun saat Ramadhan tidur mendapatkan pahala, namun sebaiknya kamu tidur secukupnya saja karena tidur yang lama juga bisa memicu timbulnya bau mulut yang tak sedap.

-   Lakukan olahraga ringan secara teratur karena dapat membuang zat racun dalam tubuh termasuk penyebab bau mulut.

 

Itulah beberapa tips agar kamu terhindar dari ‘bau naga’. Pastinya dengan nafas yang lebih segar bikin kamu tambah pede dan semangat dalam berbuat amal. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa!

Now and Forever for Humanity!










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)