KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

TIPS MENGATASI GEJALA LEPTOSPIROSIS

INFOKOM | Jumat, 23 Oktober 2020 - 12:15:36 WIB | dibaca: 131 pembaca

Sebentar lagi musim hujan, selain sediakan payung, baju hangat dan vitamin, kita juga harus waspada terhadap penyakit khas di kala hujan salah satunya yaitu Leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira ini ditularkan ke manusia lewat kontak dengan air, tanah atau lumpur yang terkontaminasi dengan urin tikus yang terinfeksi oleh leptospira. Adapun gejala yang ditimbulkan beberapa di antaranya yaitu demam dan menggigil, batuk, diare, muntah bahkan menyebabkan hepatitis.

Meski tak menular dari satu orang ke orang lain, penting untuk mengetahui bagaimana agar terhindar dari penyakit ini. Dilansir dari hellosehat.com berikut tips untuk mengatasi gejala leptospirosis:

1.       Pastikan air yang diminum benar-benar bersih dan tidak terkontaminasi. Ada baiknya jika air direbus terlebih dulu kemudian ditaruh di wadah tertutup sebelum diminum.

2.       Selalu gunakan alas kaki yang bersih saat keluar rumah dan jangan lupa untuk segera mencuci kaki setelah dari luar agar terhindar dari infeksi leptospirosis.

3.       Jika mendapati luka terbuka di bagian tubuh tertentu, segera obati dan tutup dengan plester luka sebab bakteri leptospira akan sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka.