KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Tips Mengembalikan Semangat Setelah Liburan Panjang

INFOKOM | Senin, 17 Februari 2014 - 19:30:53 WIB | dibaca: 1500 pembaca

Mungkin dari kita sempat merasakan liburan panjang dan silaturahmi selama liburan lebaran ini. Pastinya anda merasa kurang bersemangat ketika harus kembali beraktivitas baik itu sekolah maupun kuliah kembali. Tentunya anda masih ingin menikmati liburan anda lebih banyak lagi dan merasa belum siap memasuki rutinitas kembali.

 

Beberapa tips ini diharapkan dapat kembali membangkitkan kembali semangat anda setelah liburan :

1. Jadikan liburan sebagai masa untuk membasuh diri. 
Liburan jangan anda gunakan untuk melakukan hal-hal yang berat termasuk bekerja lagi. Tetapi lakukan liburan untuk hal-hal yang menyenangkan, refreshing dan menyegerkan kembali pikiran dan jiwa anda. Lepaskan segala pikiran anda dari segala tuntutan atau tanggung jawab rutinitas anda. Sehingga liburan anda harus benar-benar lepas dan saat kembali anda akan datang dengan lebih segar.

2. Puaskan diri anda selama masa liburan dengan melakukan hal yang menyenangkan.
Tips ini dilakukan agar anda merasa tidak ada yang kurang atau hal-hal lain yang belum anda kerjakan selama liburan. Ada beberapa orang memaknai liburan dengan berbeda-beda. Ada yang liburan berarti tidak melakukan apa pun sama sekali. Ada juga yang memaknai bahwa liburan adalah harus melakukan sesuatu yang menyenangkan. Bagi anda yang memaknai liburan untuk melakukan hal yang menyenangkan, ada baiknya anda juga perlu membuat planning kegiatan apa saja yang ingin anda lakukan selama masa liburan. Jangan sampai spare waktu yang ada tidak cukup atau justru tujuan utama liburan anda menjadi tidak tercapai. Jika anda sudah merasa puas dengan liburan anda maka anda akan semangat kembali untuk melakukan rutinitas. Bahkan anda akan merasa antusias ingin segera bertemu dengan rekan-rekan anda untuk menceritakan pengalaman anda selama liburan.

3. Tanamkan konsep hidup anda lifecycle dari kerja-istirahat-kerja-istirahat.
Anda sebagai manusia adalah bukan mesin yang dapat bekerja secara terus menerus. Anda tetap harus membutuhkan keseimbangan hidup yang baik. Jangan sampai anda terlalu banyak bekerja dan lupa harus istirahat. Atau sebaliknya, anda terlalu banyak istirahat tetapi kurang melakukan hal-hal yang lebih produktif. Jika anda menanamkan bahwa hidup ini adalah lifecyle antara kerja-istirahat-kerja-istirahat-dst maka anda tahu kapan harus bekerja dan kapan harus beristirahat. Demikian halnya jika anda merasa bahwa istirahat (termasuk liburan) anda sudah cukup, maka anda sudah bersiap kembali untuk menghadapi rutinitas kembali dengan penuh semangat.

4. Jadikan akhir liburan sebagai semangat baru untuk menghadapi tantangan baru.
Liburan yang panjang memang menyenangkan. Biasanya kita akan merasa bahwa hari libur akan terasa cepat dilalui, sehingga ketika masa liburan akan berakhir terkadang kita merasa masih kurang liburan. Untuk itu anda perlu seting diri anda agar di masa akhir liburan adalah sebagai awal untuk menghadapi tantangan yang baru. Anda harus selalu bersikap positif terhadap tantangan yang baru. Biarkan apa yang terjadi di masa lalu tidak membuat anda urung menghadapi tantangan baru tetapi justru anda harus  lebih bersemangat untuk hal tersebut.

5. Jika anda bepergian jauh maka anda harus set pulang 1-2 hari sebelum masuk rutinitas kembali.
Ini tips bagi anda yang berliburan dengan bepergian jauh seperti mudik atau melakukan perjalanan wisata. Ada baiknya anda harus pulang satu hari atau dua hari sebelum hari masuk rutinitas. Hal ini untuk menghindari kelelahan fisik yang mendera selama anda berperjalanan. Anda juga butuh istirahat yang cukup agar ketika besok harus masuk kembali anda tetap semangat dan dalam keadaan yang bugar.

6. Awali masa habis liburan sebagai masa yang baru dengan penuh harapan
Setelah liburan banyak orang berpikir bahwa mereka akan kembali ke dunia yang melelahkan. Anda harus ubah mindset tersebut agar ketika anda kembali dari liburan anda dapat menatap sebuah masa baru dengan penuh harapan. Awali masa masuk tersebut dengan penuh rasa syukur. Syukuri pula bahwa anda akhirnya mendapatkan kesempatan liburan setelah sekian lama bekerja keras atau belajar keras. 

Selamat memasuki hari-hari baru anda dengan penuh semangat dan sikap positif.
 
 
Sumber : www.sekolahkampus.com 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)