KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Tips Mengurangi Nyeri Datang Bulan

INFOKOM | Jumat, 12 Mei 2017 - 11:32:48 WIB | dibaca: 292 pembaca

Setiap bulan bagi seorang wanita yang telah memasuki usia subur pasti akan mengalami siklus mestruasi. Nyeri saat haid sendiri merupakan hal yang sudah biasa dialami wanita pada saat datang bulan, namun yang berbeda jika nyeri haid sudah sangat mengganggu aktivitas kita

Nyeri haid ini muncul karena adanya hormone prostaglandin. Hormon inilah yang kemudian menyebabkan terjadinya reaksi kontraksi pada bagian saluran kemih, ada beberapa gejala yang mungkin timbul saat datang bulan diantaranya , nyeri pada perut bagian bawah, kelelahan, mengalami pusing, kembung, depresi, payudara terasa nyeri dan bengkak

Nyeri haid masih bisa ditangani sendiri sehingga tidak memerlukan penanganan dokter, adapun cara penanganan yang bisa dilakukan untuk menangani rasa nyeri saat haid sebagai berikut :

1.  Berbaring,  biasanya rasa nyeri timbul pada bagian punggung sehingga dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang. Gunakan bantal di bawah lutut menyangganya dan ambillah nafas panjang kemudian hempaskan.

2. Olahraga Secara Teratur, olahraga ringan yang bisa dilakukan adalah berjalan, bersepeda, atau berenang. Namun jangan memaksakan diri apabila memang kemampuannya tidak sampai.

3.   Kompres Air Hangat, apabila nyeri tak tertahankan, anda bisa melakukan kompres air hangat pada bagian perut bawah yang kram dan nyeri.

4.   Hindari Pakaian Ketat, Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman saat haid sehingga tidak akan mengganggu ruang gerak dalam beraktifitas.

5. Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi,  saat menstruasi. Wanita rentan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Karena itulah mengonsumsi makanan kaya zat besi sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang datang bulan. Seperti bayam, daun singkong, kacang kacangan, ubi merah, hati ayam dan masih banyak lagi.

 6.  Hindari minuman bersoda es dan kopi, sebab hanya akan memperparah keluhan yang anda alami.

7.   Kegiatan Reklasasi, pijatan kecil di bagian perut dapat membantu mengurangi ras nyeri haid yang muncul. Kamu juga bisa pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian dari ras sakit saat haid.

Demikian beberapa informasi mengenai Menstruasi dan cara menghilangkan nyeri haid yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)