KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Berita

Trauma Healing Pasca Gempa

INFOKOM | Jumat, 29 Januari 2021 - 18:19:26 WIB | dibaca: 357 pembaca

Peristiwa traumatis akibat bencana alam membuat para korban rentan terkena gangguan stres pasca-trauma, sehingga pemulihan trauma atau biasa disebut trauma healing pun sangat disarankan. Hal tersebut dibutuhkan apabila stres tak kunjung lenyap ketika bencana sudah berlalu.

Trauma healing merupakan upaya untuk kembali menyembuhkan seseorang dari traumanya sebab mengalami suatu peristiwa luar biasa seperti halnya bencana gempa bumi yang baru saja terjadi di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat. Tentunya peristiwa yang dialami menyebabkan mental para korban menjadi tidak stabil, terlebih bagi anak-anak yang akan lebih berisiko mengalami masalah atau gangguan kesehatan mental seperti kecemasan bahkan depresi yang tentunya dapat mempengaruhi perilaku sosial mereka.

Oleh karena itu, kedatangan para relawan 121 di Desa Tubo, Kecamatan Tubo Sendana, tepatnya tanggal 21 Januari 2021  berupaya untuk melakukan trauma healing yaitu dengan mengadakan sekolah ceria yang diisi berbagai kegiatan seperti  lomba mewarnai, tebak gambar, sosialisasi cuci tangan, sesi tanya jawab, bernyanyi, dan permainan berstruktur. Dengan melakukan aktivitas menyenangkan, mereka diharapkan bisa dengan cepat melupakan kenangan buruk akibat kejadian yang tak diinginkan yang telah dialaminya.

"Terjadinya bencana memang di luar kuasa kita, tapi sebagai orang dewasa kita bertanggung jawab memastikan anak-anak aman secara fisik dan mentalnya"

 

Now And Forever for Humanity!! 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)