KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

World Down Syndrome Day

INFOKOM | Sabtu, 21 Maret 2015 - 19:31:23 WIB | dibaca: 770 pembaca

SEMANGAT PAGI RELAWAN! Hari ini, tepatnya 21 Maret adalah hari yang di dedikasikan sebagai hari peringatan bagi penyandang Down Syndrome di seluruh dunia. Kini, tercatat sebanyak 300.000 penderita down syndrome di seluruh Indonesia.

 

Apa itu Down Syndrome?

Down Syndrom merupakan keadaan dimana individu mengalami abnormalitas kromosom yang paling umum menyebabkan retardasi mental, ditandai oleh adanya kelebihan kromosom sehingga menyebabkan kromosom berjumlah 47, bukan 46 seperti yang terdapat pada individu normal. Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan. 

 

Ciri-Ciri Down Syndrome :

Pada umumnya, penyandang down syndrome berisiko mengalami masalah kesehatan seperti masalah jantung, pernapasan, dan pendengaran. Mereka juga lebih berisiko terhadap alzheimer, leukemia anak, dan masalah thyroid. Namun dengan berkembangnya teknologi kesehatan saat ini, harapan hidup para penyandang down syndrome pun meningkat sampai 60 tahun. Selain itu, penyandang down syndrome memiliki kecerdasan di bawah rata-rata, umumnya berada pada level mental retardasi dari ringan sampai sedang. 

 

Yang Perlu Kita Ketahui :

1. Penyandang down syndrome bukan berarti tidak sehat. 

2. Down syndrome merupakan kondisi genetik bukan penyakit. 

3. Penyandang down syndrome mempunyai masalah kesehatan selama hidupnya, sehingga harus mendapatkan pelayanan yang sepadan dengan orang lain. 

4. Kesadaran dari para professional kesehatan dalam menangani penyandang down syndrome. 

5. Profesional tidak dapat melakukan diskriminasi pada penyandang down syndrome dengan menolak untuk melayani atau menyalahkan kondisi kesehatan down syndrome secara umum sebagai penyebab penyakitnya. (dil)


Now and Forever for Humanity! 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)