KABAR 121 :

Selamat Datang di Website Resmi KSR PMI Unit 121 Politeknik Negeri Ujung Pandang ||

Artikel

Yuk! Tingkatkan Kesehatan Mental & Kreativitas Kamu!

INFOKOM | Kamis, 02 April 2015 - 05:26:37 WIB | dibaca: 730 pembaca

Kesehatan bukan hanya berkutat pada fisik saja, tubuh kita juga punya jiwa yang harus dijaga kesehatannya. Pikiran, mental dan batin adalah roh yang juga melengkapi raga kita, jadi kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Keduanya harus sama-sama dijaga.


Berikut beberapa aktivitas harian yang bisa membantu menyehatkan mental serta meningkatkan kreativitas yang akan memperkuat produktivitas kita dalam bekerja :

 

1. Tenangkan pikiran

Perlu sekali memiliki waktu istirahat untuk tubuh dan pikiran. Jika Anda mulai jengah dan tertekan dengan segala tuntutan dari kantor, Anda sebaiknya memiliki waktu untuk melakukan yoga, atau meditasi atau bisa juga setengah jam saja untuk melakukan latihan pernapasan pagi hari dengan menghadar matahari. Hal ini akan membuat pikiran Anda lebih positif dan segar.

 

2.  Baca buku

Beberapa dari Anda mungkin tidak terlalu menyukai buku atau tidak punya hobi membaca, namun apa salahnya mencoba hal baru? Membaca buku akan menambah pengetahuan Anda. Membaca buku seperti novel, bisa membuat Anda membayangkan cerita dalam buku dan mengimajinasikan berbagai hal. Anda akan merasa ikut terbawa cerita, bahkan seakan sedang melihat film. Pilih bacaan yang memang Anda sukai.

 

3. Batasi nonton TV

Hal inilah yang sebaiknya dibatasi. Jika kita nonton tv sesekali memang baik, namun jangan menjadikan acara nonton tv sebagai sumber hiburan utama Anda dan bermala-malasan di sofa. Seringkali tv malah memberikan dampak negatif dan tidak memberikan perkembangan untuk kreativitas Anda.

 

4. Melatih pikiran

Bebebapa orang mungkin tidak terlalu suka duduk lama untuk membaca dan ingin mencoba hal yang lebih logis seperti memecahkan masalah matematika atau menyusun puzzle, rubik atau main scrable. Anda juga bisa melakukan hal itu jika itu justru membuat Anda lebih rileks.

 

5. Bebaskan keingintahuan diri

Anda mungkin sering bertanya saat kita masih kecil, namun tiba-tiba kebiasaan itu pudar seiring Anda beranjak dewasa. Jangan menghentikan keingintahuan Anda dan bersikap acuh. Justru keingintahuan itulah yang akan menuntun kita dalam berbagai pengalaman menarik dan mengasah mental serta kreativitas kita.

 

SEMOGA BERMANFAAT! (dil)

 

 

Sumber: doktersehat.com










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)